Bagasi 40 Kg Untuk Penumpang Kapal Pelni

Destinasi Wisata Terbaik –  PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) memberi sarana bagasi gratis 40 kg untuk tiap penumpangnya. Hal tersebut dilaksanakan sesuai Ketentuan Menteri Perhubungan Nomor 02 Tahun 2019. Pjs. Kepala Kesekretariatan Perusahaan PT Pelni Opik Taufik menjelaskan, sarana bagasi gratis 40 kg diberi untuk memberi kenyamanan penumpang dan optimasi ruangan kapal penumpang. “Penumpang sama barang bawaan di atas 40 kg tentu saja bisa mengusik kenyamanan dan keteraturan penumpang yang lain hingga ini perlu kami awasi.

Bagasi 40 Kg Untuk Penumpang Kapal Pelni

Disamping itu, kelebihan barang bawaan dapat membahayakan keselamatan penumpang bila pada kondisi genting,” tutur Opik dalam info tercatatnya, Jumat (8/10/2021).

Tetapi, untuk memperoleh sarana bagasi gratis 40 kg itu, ada beberapa ketetapan yang perlu disanggupi. Ketetapan itu, yaitu volume barang bawaan sama dengan 0,1 m3 atau dimensi maksimal 70 x 40 x 35 cm dan berat maksimal 40 kg. “Kami tawarkan service kelebihan bagasi atau over bagasi, yakni tiap barang bawaan penumpang yang melewati ketetapan bagasi bebas, yakni dengan berat maksimal 40 kg,” kata Opik.

Opik menambah, ketetapan itu sebaiknya bisa dipatuhi beberapa penumpang PELNI untuk jaga keteraturan dan kenyamanan penumpang supaya memberikan dukungan keselamatan dalam pelayaran. “Kami terus menyosialisasikan berkaitan service free bagasi ke penumpang kapal Pelni, baik itu lewat kantor cabang, loket servis ticket, media sosial,” sebut ia.

Baca Juga:  Desa Adat Bedha Laksanakan Ngaben Tikus

Adapun bagasi yang diizinkan termuat di atas kapal diantaranya koper dan tas tangan; tas jinjing dan semacamnya; portable electronic; barang keperluan setiap hari sepanjang ada di atas kapal; dan barang kepentingan yang lain sesuai dimensi dan berat selainnya dengan bagasi yang tidak diizinkan.

Untuk penumpang sama barang bawaan melewati 40 kg, PT Pelni mempunyai service parsel Redpack yang bisa digunakan oleh penumpang. Redpack sebagai service logistik yang sudah dikenalkan perusahaan BUMN itu semenjak tahun 2018. Dengan memakai service itu, beberapa penumpang bisa bawa muatan dengan batas dimensi 100 x 50 x 50 cm atau berat optimal 120 kg.

“Kami mempunyai call-center 162 dan service lewat WhatssApp di nomor 0811-161-1-162 sepanjang 24 jam untuk penuhi keperluan info semua konsumen setia kapal Pelni,” tutup Opik. Pelni sebagai perusahaan BUMN yang beroperasi pada sektor transportasi laut sampai sekarang ini sudah menjalankan sekitar 26 kapal penumpang dan singgah 76 dermaga dan layani 1.058 batas.

Selainnya angkutan penumpang, Pelni layani 45 rute kapal pelopor sebagai fasilitas aksesbilitas untuk mobilisasi warga di wilayah 3TP di mana kapal pelopor singgah 285 dermaga dengan 3.811 batas. Perusahaan plat merah itu menjalankan sekitar 16 kapal Rede. Dan pada servis usaha logistik, sekarang Pelni menjalankan 10 rute tol laut dan 1 rute khusus untuk angkutan ternak.