Asyik Bersampan di Bendungan Palasari Bali!

Bendungan Palasari dibangun karena kebutuhan warga akan air yang begitu besar. Persediaan air di daerah sekitar bendungan sekarang, tadinya memang sangat kekurangan. Air hanya tersedia ketika di musim penghujan saja sehingga banyak warga yang kemudian mengusulkan untuk membangun sebuah bendungan yang bisa menampung banyak air yang akan dipergunakan untuk berbagai macam keperluan seperti pertanian, dsb.

Asyik Bersampan di Bendungan Palasari Bali!

Maka, dibangunlah sebuah bendungan yang lumayan besar yang kemudian dinamakan Bendungan Palasari yang mampu menampung air sampai 8 juta meter kubik. Bendungan ini dilatarbelakangi oleh hutan lindung yang hijau dan indah sehingga memiliki hawa yang sejuk. Pembangunannya sendiri dimulai sekitar tahun 1986 silam dengan total luasnya mencapai 100 hektar. Pembangunannya selesai 3,5 tahun kemudian atau tepatnya menjelang akhir tahun 1980-an.

Baca Juga:  Pantai Mekaki, Keindahan yang Tersembunyi

Di bendungan ini, kini banyak dijumpai berbagai jenis ikan seperti ikan mujair, ikan nila, gurame, lele, kaper, udang dan masih banyak lagi jenis ikan air tawar. Selain berfungsi sebagai penampung air hujan dan pengendali banjir, Bendungan Palasari juga dimanfaatkan untuk menarik para wisatawan atau dengan kata lain sebagai tempat wisata alternatif di Kawasan Jembrana.

Asyik Bersampan di Bendungan Palasari Bali!

Para wisatawan yang berkunjung atau berwisata ke Bendungan ini tidak hanya sekedar menikmati pemandangan saja, namun bagi para wisatawan yang mempunyai hobi motor cross dan off road dapat menyalurkan hobinya di daerah sekitar Bendungan, karena di area Bendungan ini terdapat area motor cross dan off road. Disamping itu, Anda juga bisa menyewa sampan untuk mengelilingi keseluruhan perairan Bendungan Palasari ini.

Baca Juga:  Obyek Wisata Bandung: Teropong Bintang Boscha yang Fenomenal

Bila Anda berkunjung ke Bendungan Palasari, Anda tidak perlu khawatir untuk masalah tiket masuk tempat wisata, karena pada hari – hari tertentu saja dikenakan karcis masuk ke wilayah Bendungan ini. Harga tiket masuknya pun masih sangat terjangkau yaitu Rp 1000 untuk roda dua dan Rp 2000 untuk roda empat. Penginapan juga tersedia bagi pengunjung yang berniat untuk bermalam di Bendungan Palasari. Tak jauh dari bendungan, ada sebuah Taman Wana Villas dan Spa yang bisa Anda gunakan untuk menginap dengan harga yang terjangkau.

Alamat

Bendungan Palasari berada di Desa Ekasari, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana sekitar 26 km dari Kota Negara, Bali.

Baca Juga:  Pantai Krakal, Rangkaian Pantai Selatan Di Gunung Kidul yang Menawan

Selamat Berkunjung!