Beranda Wisata Mengintip Tempat Semedi Terakhir Patih Gajah Mada Di Air Terjun Madakaripura

Mengintip Tempat Semedi Terakhir Patih Gajah Mada Di Air Terjun Madakaripura

43

Mengintip Tempat Semedi Terakhir Patih Gajah Mada Di Air Terjun Madakaripura

Travelbiz – Informasi Wisata Terbaik Indonesia – Paket wisata bromo madakaripura merupakan paket wisata yang bisa Anda nikmati selain mengunjungi megahnya kawah Bromo. Madakaripura adalah sebuah air terjun yang berasal dari air yang terkumpul di bukit dan terdiri dari 3 curuk yang cukup tinggi yaitu sekitar 200 meter. Air yang meluncur dari curuk-curuk ini cukup deras namun tidak besar, hampir mirip seperti hujan sehingga tidak begitu berbahaya untuk didekati.

Meski lokasinya cukup tersembunyi, namun air terjun ini bagaikan surga kecil yang masih merupakan bagian dari Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Tidak hanya cantik, air terjun Madakaripura juga memiliki legenda tersendiri.

Taman Nasional Bromo Tengger Semeru
Taman Nasional Bromo Tengger Semeru

Berjarak 3 jam dari Surabaya

Tempat Semedi Terakhir Patih Gajah Mada Di Air Terjun Madakaripura

Dari Surabaya, lokasi air terjun Madakaripura bisa ditempuh dengan perjalanan menggunakan mobil selama 3 jam. Lokasi tepatnya berada di Desa Sapih, Kabupaten Lombang. Perjalanan dengan mobil kemudian berhenti dan Anda harus berjalan kaki selama kurang lebih 20 menit menyusuri jalan bukit dan menyeberang sungai untuk sampai di pintu masuk air terjun Madakaripura.

Air terjun ini terletak di ujung lembah Pegunungan Tengger. Meski pengunjung harus berjalan kaki, Anda tidak akan kebosanan karena pemandangan menuju pintu masuk yang memberikan kesan sunyi dan memanjakan mata pengunjung.

Baca Juga:  Menikmati Dekorasi Alam Indonesia di The Sultan Hotel Jakarta yang Berlokasi Strategis

Tempat Patih Gajah Mada Bermeditasi

Memilih paket wisata bromo madakaripura tidak hanya akan memberikan Anda perjalanan liburan yang nyaman dan menyenangkan tetapi juga mengetahui mengenai legenda di tempat tersebut. Air terjun Madakaripura dikenal oleh penduduk lokal sebagai tempat yang sakral terutama di sebuah gua yang terdapat di sekitar air terjun tersebut. Gua ini oleh penduduk masih kerap digunakan untuk melakukan semedi terutama pada malam 1 Sura atau tahun baru Jawa.

Tempat Patih Gajah Mada Bermeditasi
Air Terjun Madakaripura

Kebiasan semedi ini dipercaya berasal dari kebiasaan Patih Gajah Mada yang konon gua di air terjun Madakaripura adalah tempat semedi favoritnya. Semua orang pasti sudah mengenal nama besar Patih Gajah Mada yang Berjaya di Kerajaan Majapahit dengan Sumpah Palapanya. Bahkan menurut sumber tertulis kuno yang ditulis pada abad ke 14, dijelaskan bahwa Madakaripura adalah sebidang tanah yang diberikan oleh Raja Hayam Wuruk kepada patihnya.

Gajah Mada
Patung Patih Gajah Mada

Masyarakat percaya bahwa air terjun Madakaripura merupakan tempat semedi terakhirnya sebelum Gajah Mada mencapai moksa atau menghilang secara spiritual dan fisik dari muka bumi. Bahkan pengunjung akan disambut oleh patung besar Gajah Mada dalam posisi semedi pada pintu masuk air terjun. Anda bisa melihat sendiri gua tersebut di paket wisata bromo madakaripura.

Persiapan main di Madakaripura

Meski tidak begitu deras, percikan air terjunnya tetap bisa membuat pakaian Anda basah. Selain paket wisata bromo madakaripura sudah mempersiapkan paket perjalanan Anda, sebaiknya bawa pakaian cadangan jika Anda ingin dekat-dekat dengan air terjun. Atau bisa juga mengenakan jas hujan atau payung. Jangan lupa untuk mengenakan sepatu yang nyaman dan bersol karet karena jalanan bukit di sekitar air terjun cukup licin. Anda bisa membawa bekal makanan tetapi di sekitar lokasi air terjun sudah terdapat banyak warung yang menjual makanan dan minuman hangat.

Baca Juga:  Pantai Jolosutro, Keindahan Blitar di Sisi Selatan

Yang mesti Anda perhatikan adalah berhati-hati dalam menitipkan atau menaruh barang karena tidak jarang tas-tas pengunjung digeledah oleh oknum-oknum tidak bertanggung jawab. Anda juga tidak perlu menerima tawaran mengantar ke lokasi wisata karena jarak tempuhnya tidak terlalu lama, medannya tidak berat dan bisa ditempuh dengan berjalan kaki.

Tidak jarang pula motor-motor yang diparkir disiram air oleh oknum untuk kemudian mereka meminta uang kepada pemilik motor dengan modus motor sudah dicuci dan ini merupakan bagian dari paket wisata. Keuntungan dari paket wisata bromo madakaripura adalah Anda akan ditemani dengan pemandu yang sudah hapal dengan kebiasaan di sana dan bisa mencegah Anda termakan oleh modus mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here