Beranda Kuliner Icip-icip Mie Ongklok Khas Wonosobo

Icip-icip Mie Ongklok Khas Wonosobo

49

Icip-icip Mie Ongklok Khas Wonosobo Enak & Unik

Travelbiz – Informasi Destinasi Wisata Terbaik di Indonesia – Setelah dari Dieng sesudah sepanjang malam bermalam di pucuk Pakuwjo yang dingin tetapi cantik panorama-nya kami segera saja ngeng (pergi) ke arah pulang. Tetapi tidak komplet rasa-rasanya bila kami segera saja pulang tanpa icip-icip dulu kulineran ciri khas Wonosobo dan kebenaran sedang lapar sekali waktu itu.

Selanjutnya kami memilih untuk cari makan sekalian nyobain kulineran ciri khas Wonosobo, langsung salah satunya rekan mereferensikan untuk icip-icip mie ongklok longkrang yang ucapnya sebagai makanan ciri khas Wonosobo yang terpopuler seantera Wonosobo, cocok sekali dingin-dingin diajak makan Mie Ongklok, ayok sekali lah. Bila dipandang dari namanya “mie ongklok” kedengar unik dan kelihatannya nikmat.

Mie Ongklok Longkrang Khas Wonosobo

Setibanya di sana, saya melihat dari tempatnya tidak terlalu besar dan cenderung sederhana dengan meja dan kursi panjang khas warung-warung tradisional Indonesia tapi di dari mencium aromanya udah ketahuan kayaknya wisata kuliner bakalan enak banget. Sontak saja kami langsung memilih dari daftar menu-nya “5 mie ongklok khas wonosobo dan 5 minuman sejuta umat (es teh) dan beberapa ada yang memesan sate sapi”. Mantap!!!

Mie Ongklok Longkrang Khas Wonosobo

Menyingkap riwayat nama mie ongklok mengapa dapat diberi nama mie ongklok? berdasarkan keterangan dar sang koky karena mie ongklok dibuat dengan memakai ongklok yakni sebagai alat dapur seperti centong sup yang besar dan berlubang nyaris serupa dengan saringan, alat ini dipakai untuk rebus kol dan mie saat sebelum di sajikan dan di saat rebus-nya dengan mengongklok atau di sontak-sontakan naik dan turun ke kuali berisi air mendidih, nach dari situlah terbentuknya nama mie ongklok, ciri khas Wonosobo karena asal mie ongklok ini dari Wonosobo.

Baca Juga:  New Metro Hotel Semarang, Penginapan Megah Berkonsep Klasik di Kota Lumpia

Mie Ongklok Longkrang Khas Wonosobo

Sesudah menanti beberapa lama karena memang saat itu warung sedang banyak pengunjung. Kalau barusan tercium harumnya wewangian mie ongklok yang samar-samar sekarang wewangian harumnya telah nampol sekali di hidung, mie ongklok umumnya di suguhkan dengan kombinasi kol yang lebih dulu direbus sampai layu, selanjutnya ada taburan cincangan daun seperti daun sledri tetapi kata bapaknya (koki mie ongklok ) itu ialah daun kucai yang disebut tanaman bumbu rempah yang gampang diperoleh di wilayah Wonosobo.

Dipandang dari wujud dan struktur mie, ongklok memiliki tekstur bundar halus kenyal dan warna kuning nyaris seperti teksture mie ayam yang kerap kita temui, dari kuah-nya kelihatan menarik warna kuning kecoklat-coklatan dan kental di atasnya di tabur bubuk udang kering dan bawang goreng yang rasanya asin-gurih nikmat sekali saat di makan. Untuk yang belum mengetahui, mie ongklok umumnya dikonsumsi bersama sate sapi dengan bumbu kecap kental bersatu seperti kacang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here