Mengamati Koleksi Lukisan dan Patung di Museum Lukisan

Bali memang daerah wisata yang indah. Bali terkenal karena alamnya yang memesona terdiri dari lautnya, gunung, danau, perkebunan, pertamanan, sampai mata air panas yang banyak terdapat di Bali. Hal tersebut ternyata dianggap sebagai lokasi potensial bagi para pelaku dan penyuka seni untuk mencari ide/gagasan dalam menciptakan dan mengembangkan karya-karyanya. Tak heran, saking banyaknya karya-karya baik itu karya lukis, patung, dsb berimbas pada penignkatan jumlah museum di Bali.

Mengamati Koleksi Lukisan dan Patung di Museum Lukisan 1

1. Wisata Bali

Museum ini banyak diakui oleh berbagai kalangan yang memiliki peranan penting dalam perkembangan seni di Bali. Didalamnya tersimpan berbagai koleksi lukisan dan patung hasil karya cipta seniman Bali dimana mayoritas tema dari karya-karya tersebut bercerita ihwal suasana kehidupan masyarakat di Bali. Selain kisah tentang kehidupan juga banyak lukisan yang berkisah soal dunia pewayangan.

Baca Juga:  Hadiah Alam Air Terjun Les di Bali

Museum ini sendiri dibagi menjadi empat bangunan terpisah, diantaranya ada yang disebut Pitamaha Gallery yang digunakan untuk menyimpan berbagai koleksi I Gusti Nyoman Lempad. Ada Ida Bagus Made Gallery yang menyimpan koleksi dari Ida Bagus Made (sesuai namanya), bangunan selanjutnya dinamai Wayang Gallery yang menyimpan koleksi lukisan wayang, dan terakhir difungsikan sebagai tempat informasi sejarah para pendiri museum juga tempat marketing museum.

Di museum ini juga kerap diadakan pelatihan singkat bagi para pengunjung yag ingin lebih dalam mempelajari berbagai bentuk kesenian serta aspek kehidupan masyarakat Bali. Contohnya membuat wayang, memainkan gamelan, melukis topeng, membatik, melukis natural, membuat keranjang, bermain alat musik seruling, mempelajari tarian Bali, dsb.

Baca Juga:  Desa Tihingan Penghasil Gong yang Artistik

2. Lokasi Museum

Panjang lebar kita membahas soal museum ini, namun sudahkah tahu dimana lokasinya? Museum Puri Lukisan berada di Jalan Raya Ubud, Kecamatan Ubud, sekitar 11 km dari Kota Gianyar. Jika ditempuh dari Bandara Internasional Ngurah Rai memerlukan waktu sekitar 90 menit dan 40 menit jika ditempuh dari Ibukota Denpasar.

Selamat Berkunjung!