Pantai Sepanjang

Travel.biz.id – Pantai sepanjang masih merupakan garis pantai selatan yang terletak di selatan propinsi Daerah Istimewa Yogyakarta, tepatnya di desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul, tidak jauh dari Pantai Baron dan berada diantara Pantai Kukup dan Pantai Drini. Dinamai pantai sepanjang karena memang hamparan pantai yang panjang dan mungkin yang terpanjang diantara pantai yang ada.

Pantai ini belum lama dibuka sebagai tempat wisata jadi masih belum banyak yang mengetahuinya dibanding pantai-pantai lain yang ada di Kabupaten Gunung Kidul. Jadi keindahan dan keasriannya juga masih sangat terjaga dan kalau diamati dengan seksama merupakan gambaran Pantai Kuta di Bali di masa lalu yang masih sepi. Dan jalan masuk ke lokasi ini juga belum terlalu bagus hanya berupa karena pengelolaanya belum maksimal. Namun demikian keindahan dan keelokkan pantai ini tidak kalah menarik dari pantai pantai yang lainnya.

Pantai Sepanjang

Keindahan terasa ketika kita berada bibir pantai yang masih bersih dan terlihat hijau oleh tanaman Palem dan juga ada beberapa tempat yang lain yang di pakai oleh penduduk sekitar untuk menanam kedelai, karena penduduk sekitar tidak ada yang melaut karena kondisi pantai yang sangat landai

 

Bahkan banyak investor yang sudah mulai melirik tempat ini, ada beberapa tempat yang sudah dibeli tanahnya untuk dijadikan villa yang harapannya nanti bisa untuk menginap para pengunjung yang ingin lebih lama menikmati suasana dan keindahan pantai sepanjang.

Baca Juga:  Goa Gajah Salah Satu Tempat Wisata di Ubud Bali

Ketika air surut, di bibir pantai akan tampak cekungan – cekungan karang dimana dapat kita temukan aneka biota laut, ada kerang-kerangan, bulu babi, gangang laut, rumput laut, bintang laut, dan landak laut. Saat saat seperti ini juga di gunakan penduduk setempat untuk mencari rumput laut yang diolah untuk kebutuhan sendiri atau dijual.

Artikel Terkait: Paket Wisata Murah Jogja

Dipantai ini juga ditemukan situs sejarah, namun memang belum terekspos karena kondisi ini apabila kita tidak bertanya terhadap penduduk sekitar maka kita tidak akan mengeatahuinya. Nama situs tersebut adalah Situs Banyusepuh.

Pantai Sepanjang

Setelah puas menikmati hamparan pantai pastilah kita mencari sesuatu yang dapat dijadikan sebagai kenang-kenangan kalau kita pernah berkunjung ke Pantai sepanjang ini. Tidak perlu bersusah payah kita mencari para penduduk telah menawarkan hasil kerajinan mereka yang luar biasa bagusnya walaupun dengan pengerjaan yang sangat sederhana namun menghasilkan produk seni yang cukup tinggi. Hanya dengan kerang-kerangan, atau bahan yang didapat disepanjang pantai ini mereka membuat kerajinan yang sangat bervariasi yang dapat menjadi hasil khas Pantai Sepanjang.

How to get There :

Untuk menuju ke pantai Sepanjang Anda dapat menggunakan Angkutan umum jurusan Yogyakarta Wonosari sesampainya di Terminal Wonosari ganti dengan Angkutan umum yang menuju Pantai Sepanjang. Jika anda menggunakan kendaraan pribadi baik roda dua maupun roda empat dapat mengikuti rute seperti peta lokasi dibawah ini.

Baca Juga:  Romantisme Wisata Bromo Bulan Madu

Hotel terdekat :

Disebelah barat ada satu lokasi untuk kedepan dibangun sebuah villa namun hingga saat ini belum terealisasi. Namun jika Anda berasal dari luar kota dan masih menikmati tempat tempat wisata lain di Yogyakarta dapat kami sarankan untuk menginap di Hotel Ibis Malioboro atau Whiz Hotel